Mengapa Domain My ID Kurang Diminati? #Top Populer 1nfo

Hai, disini saya akan membahas informasi Mengapa Domain My ID Kurang Diminati dan apa dampaknya untuk blog kita? Yuk disimak disini.

Mengapa Domain My ID Kurang Diminati
Gambar: Ilustrasi

Anda seorang blogger atau seorang Programer? Anda pasti sudah paham tentang domain dan hosting yang tersedia didunia internet sekarang ini.

Biasanya seseorang yang ingin membangun sebuah Situs di internet akan membutuhkan domain (nama dari situs itu) supaya dapat diakses dengan nama yang mudah diingat.

Apakah ada situs tanpa domain? Sebenarnya situs yang menggunakan tanpa domain ada dan biasa mereka menggunakan alamat IP server saja tanpa memakai nama domain bebas.

Domain gunanya supaya orang dapat mengingat dan mudah mengunjungi situs kita dilain waktu. Jika kita menggunakan alamat IP address untuk situs kita maka orang tidak akan mudah mengingat dan cara mengakses sebab terdiri dari angka, titik dan bahkan ada yang menggunakan port diakhir alamat ip.

Domain My.id adalah Induk Domain Aktif:

Banyak para blogger mempertanyakan hal ini didalam grup blogger seputar domain my.id yang cukup membuat para pengguna lain menjadi ogah membeli domain ini.

Salah satu pertanyaan yang ditemukan adalah “Saya sudah membeli domain dengan ekstensi my.id disalah satu hosting provider indonesia. Tetapi setelah saya cek my.id di internet ternyata domain itu bisa diakses dan tidak mati. Jadi, apakah saya menggunakan subdomain dari my.id tersebut sedangkan domain lain seperti net.id, web.id, jika diakses tidak aktif (mati).

Atas dasar pertanyaan diatas saya, saya lalu mengakses beberapa induk domain diperamban seperti mengetik https://web.id, https://net.id, https://go.id dan bahkan https://web.id tetapi benar saja bahwa induk dari domain ini aktif dan bahkan bisa diakses langsung dari internet.

Mengapa Domain My ID Kurang Diminati?

Domain My.id Memiliki Spam Skor Tinggi:

Ada beberapa pengguna blogger indonesia sering membagikan keluhan seputar pengguna domain my.id kedalam salah satu grup blogger indonesia dan mereka cukup kesulitan untuk mengindex situs mereka ke laman google melalui GSC (Google Search Console ) dengan mengirimkan peta situs tetapi menemukan banyak masalah bagi pengguna ini.

Namun beberapa pengguna mengatakan bahwa google sudah mencap bahwa domain my.id memiliki spam score yang tinggi dan ini menyebabkan beberapa domain yang menggunakan nama ini sering menemukan kesulitan index digoogle.

Atas keluhan pengguna tersebut, akhirnya saya memeriksa apakah mereka memalsukan informasi ataukah tidak. Lalu saya cek spam score tiga induk domain tersebut hasilnya adalah seperti dibawah ini

Mengapa Domain My ID Kurang Diminati? #Top Populer 1nfo
Gambar: Cek induk domain net.id
Mengapa Domain My ID Kurang Diminati? #Top Populer 1nfo 32
Gambar: Cek induk domain web.id
Mengapa Domain My ID Kurang Diminati? #Top Populer 1nfo 3
Gambar: Cek induk domain my.id

Domain Pengguna Seperti Menjadi Subdomain Walau TLD dan Premium

Beberapa alasan pengguna kami dapati dengan alasan yang sama yakni domain kita seperti subdomain dari domain induk yakni my.id sebab domain ini juga aktif dapat diakses dipencarian.

Beberapa pengguna enggan menggunakan domain tersebut dan kami mendapati banyak pengguna domain tersebut membeli dengan harga murah lalu mengabaikannya begitu saja.

Karena beberapa alasan diatas adalah salah satu faktor yang membuat beberapa orang berpendapat miring di grup blogger yang ada di media sosial.

Saran Kepada Pengguna:

Kita juga tidak luput dari kesalahan yang membuat rusak salah satu domain asal Indonesia yakni my.id dengan spam score yang tinggi dan ini bahkan akan menjadi tidak menarik bagi beberapa kalangan.

Kami harap supaya kita sebagai pengguna yang sudah diberi kebebesan supaya sebaiknya menggunakannya dalam hal yang wajar dan benar.

Spam score akan naik bila kita sering menyalahgunakan domain kita sendiri dan jelek dimata orang lain bahkan mesin pencari.

Beberapa ulah pengguna yang dapat merusak domain ini adalah yakni seperti membuka situs Yang melanggar Undang – undang. Misalnya situs judi, situs jual barang terlarang, situs spam, situs phising bahkan situs palsu lainnya yang tidak sewajarnya.

Kita sebagai Masyarakat Indonesia, mari kita jaga sikap dan perbuatan kita dengan membantu menjaga agar domain indonesia berkualitas dan baik dimata orang lain dan tidak menjadi domain yang jelek.

Iwan
Jika kamu pecinta kopi, kamu tahu kapan waktu yang pas untuk menikmati secangkir kopi hangat.