Seorang Pengembang Perangkat Lunak Harus Memiliki Skill 1ni

Admin akan berbagi informasi dan tutorial seputar perangkat lunak yang berjudul Seorang Pengembang Perangkat Lunak Harus Memiliki Skill Ini . Yuk disimak!

Mempekerjakan orang untuk bekerja dalam bentuk pekerjaan apa pun cukup memiliki banyak tantangan karena pasar dunia telah mengglobal sejak lama dan kerja jarak jauh (Internet) sangat populer, sehingga ada banyak persaingan dan banyak pengembang untuk dipilih bagi seorang pengusaha.

Inilah Keterampilan Yang Harus Dimiliki Seorang Pengembang Perangkat Lunak
Gambar 1: Ilustrasi

Selain itu, Anda juga harus tahu pengembang perangkat lunak mana yang paling cocok untuk proyek Anda dan mana yang tidak cocok.

Jangan khawatir karena ada solusi untuk semuanya, dan cara paling efisien untuk merekrut developer adalah dengan memeriksa skill dasar mereka.

Mengapa harus demikian?

Karena banyak developer yang memiliki kemampuan teknis yang sangat baik, namun jika mereka tidak memiliki skill dasar yang baik, mereka akan sia-sia di tim pengembang Anda.

Inilah Beberapa Poin, Kenapa Seorang Pengembang Perangkat Lunak Harus Memiliki Skill Ini

Jadi, mari kita lihat skill dasar mana yang harus dimiliki oleh pengembang perangkat lunak Anda di masa depan apabila anda ingin mempekerjakan mereka kelak.

Memiliki Komunikasi Yang Baik

Saya sebagai admin, lebih mengutamakan komunikasi yang baik dalam daftar ini karena ini bisa dibilang skill dasar yang paling penting untuk pengembang mana pun.

Alasannya misalnya adalah bahwa setiap pengembang mengetahui apa itu Java, tetapi tidak semuanya tahu bagaimana cara menjelaskan konsep teknis yang kompleks kepada karyawan dari departemen lain dan klien yang tidak memahami pengembang.

Pengembang Anda akan terus berkomunikasi dengan klien dan pekerja dari departemen lain yang merupakan bagian dari proyek dan apalagi sudah memiliki banyak permintaan setiap saat, karenanya pengembang Anda harus menjelaskan semuanya dengan cara yang sederhana dan mudah dimengerti.

Pengembang Anda juga harus mampu mendengarkan klien dan memperhatikan setiap detail yang dibahas dan tahu cara mengomunikasikannya disetiap aspek agar proyek berhasil dan mudah dipahami.

Menguasai waktu

Keterampilan dasar penting lainnya adalah mampu mengusai dan memanajemen waktu karena seorang pengembang perangkat lunak harus memiliki kemampuan untuk memahami perencanaan tugas, pelaksanaan, memprioritaskan berbagai tugas, merefleksikan pekerjaan sebelumnya, dll.

Alasan mengapa keterampilan manajemen tugas sangat penting untuk dimiliki setiap pengembang adalah karena mereka mendorong produktivitas secara signifikan dan memberikan manajemen yang sangat baik untuk semuanya diatur dan dilakukan tepat waktu.

Pengembang Anda harus memiliki manajemen waktu karena waktu lebih dari yang diperlukan dalam setiap proses pengembangan setiap kali ada proyek baru.

Misalnya, apa gunanya mengetahui “Laravel terbaik” jika developer Anda tidak tahu cara mengatur dan menyelesaikan semuanya tepat waktu?

Jika mereka tidak memiliki keterampilan untuk memanajemen waktu maka para klien atau pelanggan Anda tidak akan merasa puas dan yang ada pada akhirnya mereka akan lebih mencari yang lain yang lebih tepat waktu.

Mampu Bekerja Bersama Tim

Mampu beradaptasi dan ikut bekerja bersama tim adalah sangat penting dari seorang pengembang perangkat lunak karena apabila seorang pengembang memiliki keterampilan ini maka semua pekerjaan akan lebih mudah selesai dan dan lebih bagus hasilnya.

Di sisi lain, jika calon pengembang Anda tidak memiliki rasa untuk kerja tim dan kemampuan untuk bekerja sama dengan pengembang lain tidak bagus maka kami sarankan supaya anda tidak perlu mempekerjakan mereka.

Seperti yang kami sebutkan di awal, pengembang seperti itu akan menjadi penghambat yang akan menghancurkan tim pengembang lainnya karena akan  meninggalkan hasil yang tidak memuaskan.

Mampu Menyelesaikan Masalah

Seorang pengembang juga harus mampu untuk mengatasi bebrapa masalah Secara kritis, sebab proses dari setiap pengembang perangkat lunak bisa sangat sering menemukan banyak masalah.

Oleh karena itu, keterampilan untuk memiliki pemecahan masalah sangat penting karena dengan memiliki kemampuan ini maka masalah apa pun didalam relasi para pengembang dapat diselesaikan bersama-sama.

Karena meskipun keterampilan teknologi memberikan hasil yang memuaskan, masalah akan selalu muncul ketika mereka mengerjakan setiap proyek.

Karena itulah sifat dari profesi ini tidak jarang menemukan banyak masalah dan satu-satunya cara untuk memajukan proyek adalah dengan menyelesaikan masalah dengan cepat, baik dari clien maupun dari program yang diselesaikan.

Berpikir kritis

Apakah seorang pengembang anda mampu memahami apa yang terjadi dalam suatu proses sebab dan akibat, apakah mereka mampu menemukan kekurangan itu lewat berpikir kritis?

Jika jawabannya ya, Anda telah menemukan pengembang dengan kemampuan berpikir kritis yang sangat baik.

Pemikiran kritis adalah keterampilan penting untuk seorang pengembang jenis apa pun karena mereka harus tahu cara memikirkan jawaban yang benar untuk setiap masalah, membantu penyelesaian persyaratan klien dan pengguna dengan baik dan lengkap bahkan mampu menyelesaikan masalah dari semua aspek.

Selain itu, pemikiran kritis bagi seorang pengembang sangat penting karena mampu memecahkan masalah bahkan lebih sangat mungkin jika mereka dapat berpikir kritis karena inti dari pekerjaan setiap pengembang bergantung pada penyelesaian masalah secara terus menerus.

Memiliki Rasa Empati

Empati juga merupakan salah satu skill dasar yang penting yang  penting bagi seorang pengembang perangkat lunak.

Mengapa?

Karena empati adalah tentang respon seseorang yang memiliki kemampuan untuk berbagi dan memahami perasaan orang lain dan oleh karena itulah jika seorang pengembang harus memiliki empati apabila menghadapi masalah di Tim dan juga klien.

Intinya, tidak akan ada komunikasi dan kerja sama yang baik jika tidak ada rasa empati dari diri seorang pengembang.

Memiliki Etos kerja

Jika Anda mempekerjakan seorang pengembang yang memiliki etos kerja yang baik, mereka akan memiliki motivasi untuk belajar lebih banyak lagi untuk menjadi seorang pengembang yang lebih baik, bisa mengikuti semua tren baru di dunia pengembangan.

Tidak ada yang dapat menyangkal seberapa pentingya memiliki etos kerja yang sangat baik. Ketika anda mempekerjakan seorang pengembang oleh karena dia memiliki keterampilan teknis dan semua skill dasar lainnya unggul dengan maksimal, itu semua dimiliki karena seseorang sudah memiliki etos kerja yang fantastis.

Sangat mudah untuk menemukan beberapa pengembang yang fantastis karena memiliki  keterampilan teknis yang sangat baik, tetapi keterampilan dasar mereka pada akhirnya akan menciptakan perbedaan itu.

Akhir Kata:

Terimakasih sudah membaca beberapa informasi tentang pengembang sesuai topik diatas. Apabila anda memiliki keluhan, kritik atau saran maka kami berharap agar anda bisa mengirim komentar dibawah ini. Kami akan membalasnya. Terimakasih!