Software Server Media Terbaik Windows #Populer 1nfo Terbaru

Selamat datang kembali, admin akan membantu anda untuk mencari Software Server Media Terbaik Windows yang pastinya kami ulas disini. Ikuti terus informasi kami disini.

Software Server Media Terbaik Windows #Populer 1nfo Terbaru
Gambar 1: Ilustrasi.

Memilih perangkat lunak server media yang tepat akhir-akhir ini menjadi agak sulit. Banyaknya pilihan yang tersedia saja cukup menyebabkan banyak kebingungan bagi penggunanya dan membuat mereka kewalahan dengan terlalu banyak pilihan yang tersedia.

Pada artikel ini, kita akan membahas definisi utama dan manfaat menggunakan perangkat lunak server media. Kami juga akan membahas lima perangkat lunak server media terbaik untuk Windows.

Apa itu Software Server Media?

Perangkat lunak (Software) server media adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menyimpan semua media Anda, termasuk video, audio, foto, dll untuk disimpan di dalam program dan kemudian membagikannya melalui jaringan yang Anda pilih.

Ini berguna karena kita dapat menggunakannya untuk melakukan streaming dengan berbagi format media melalui jaringan pada perangkat apa pun yang kita inginkan.

Misalnya, Anda bisa menggunakan ponsel untuk mengunggah gambar dan video yang telah Anda ambil lalu anda kirim ke perangkat lunak server media, lalu mengaksesnya nanti menggunakan laptop atau smart TV dirumah.

Bagaimana Cara Kerja Server Media?

Pada dasarnya, perangkat lunak server media adalah server bersama antara perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses akun perangkat lunak.

Ini menyimpan semua data Anda di server yang dialokasikan yang disediakan oleh pemiliknya  untuk Anda dan memungkinkan Anda dapat mengakses semua data yang disimpan untuk diakses di server ini dari mana saja dengan menggunakan perangkat apa pun.

Ada berbagai metode teknis yang digunakan diserver ini untuk memungkinkan pengguna mengakses media mereka.

Ini termasuk pengunduhan progresif, streaming semu, streaming kecepatan bit adaptif, dan tentu saja pengunduhan file langsung. Selain itu pengkodean yang berbeda juga digunakan.

Apa itu VPS Server Media?

VPS server media adalah server pribadi virtual yang menggunakan server host untuk menyimpan media klien.

Ini berbeda dari perangkat lunak server media normal yang juga menyimpan media di server. Namun, aplikasi perangkat lunak digunakan untuk memungkinkan penggunanya mengakses media mereka.

Sedangkan pada media server VPS, Anda cukup mengakses media tersebut dengan mengakses layanan VPS Anda.

VPS server media juga dapat disesuaikan untuk dioptimalkan sebanyak mungkin untuk streaming.

Layanan VPS server media ini mungkin juga dilengkapi dengan perangkat lunak server media tertentu yang telah diinstal sebelumnya, misalnya, Plex.

Anda dapat menggunakan Cloudzy’s Windows VPS Europe untuk membuat VPS server media Anda sendiri.

Apa manfaat Perangkat Lunak Server Media?

Manfaat utama hosting perangkat lunak server media adalah Anda dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja diseluruh dunia.

Menggunakannya juga cukup baik untuk menghemat ruang penyimpanan perangkat komputer atau ponsel anda.

Jika Anda ingin memiliki media di beberapa perangkat, ini pasti akan menghabiskan jumlah penyimpanan yang sama di setiap perangkat anda sobat.

Namun, dengan perangkat lunak server media yang tersedia, setiap unggahan satu kali di server host akan menghemat semua penyimpanan Anda dengan mengorbankan penggunaan bandwidth atau quota data saja dan itu untuk unggahan satu kali.

Fakta yang perlu anda ketahui bahwa Anda dapat dengan mudah membagikan media Anda melalui satu perangkat lunak dan ini merupakan suatu keberuntungan dan cukup membantu anda menyiarkan apapun dari rumah atau kantor anda keseluruh duni melalui jaringan internet dan ini juga merupakan keuntungan besar.

Software Server Media Terbaik Windows #Populer 1nfo Terbaru 34

Server Media dan Perangkat Lunak Streaming Terbaik di tahun 2022

Sekarang tanpa basa-basi lagi, mari kita Bahas 5 aplikasi yang paling populer dan banyak dipakai dipasaran.

Pleks

Tanpa diragukan lagi, Plex adalah perangkat pertama yang paling familiar dalam hal perangkat lunak server media dan layanan streaming.

Plex memungkinkan Anda untuk menonton film dan acara TV, serta konten Anda sendiri yang akan Anda unggah secara manual ke dalamnya.

Plex memungkinkan sejumlah besar file untuk diunggah ke dalamnya, yang merupakan nilai tambah utama bagi keluarga yang ingin menyimpan semua foto dan rekaman mereka di satu tempat.

Muncul di berbagai platform, mendukung DVR dan TV, dan secara otomatis menyinkronkan semua unggahan Anda agar dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Stremio

Stremio adalah layanan streaming utama lainnya dan perangkat lunak server media yang bersaing dengan Plex.

Stremio juga hadir dengan pembawa acara TV dan filmnya sendiri yang Anda dapatkan sebagai bagian dari layanannya. Namun, Stremio juga memberi Anda akses ke jaringan TV langsung tertentu. Stremio dikenal dengan server DLNA-nya yang dengan mudah memungkinkan Anda mengelola unggahan Anda dalam bentuk pustaka dan berbagai kategori.

Stremio juga didukung pada berbagai platform berbeda dan dioptimalkan untuk menjalankan konten pemutaran dengan mudah di perangkat apa pun, termasuk smartphone dan tablet.

Kodi

Kodi dikenal karena faktanya perangkat ini memiliki banyak keuntungan yang dimiliki dari aplikasi lain seperti Plex dan Stremio untuk secara eksklusif menghadirkan pengalaman menonton film yang ideal bagi pengguna.

Aplikasi Kodi hadir dengan dukungan layar penuh dengan submenu interaktif yang tersedia di berbagai jenis perangkat seperti TV, ponsel iOS dan Android, dan tablet.

Kodi juga memiliki dukungan format yang sangat baik untuk berbagai file yang disandikan serta file MIDI, MPEG-1, MPEG-2, dan MPEG-4. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengunggah semua file Anda terlepas dari format dan bitrate  yang mendukung setiap saat.

Jellyfin

Jellyfin adalah perangkat gratis, tidak seperti tiga opsi yang telah kami sebutkan diatas. Namun, itu juga tidak memberi Anda akses ke konten yang diproduksi di luar seperti acara TV, film, atau musik.

Sebaliknya, dengan Jellyfin, Anda dapat dengan mudah melakukan streaming konten apa pun dari server Anda sendiri dengan mudah.

Jika Anda ingin mencari perangkat lunak server media yang lebih bagus lagi untuk bekerja secara eksklusif untuk file Anda sendiri, maka Jellyfin cocok untuk Anda coba.

Mezzmo

Mezzmo adalah perangkat lunak server media lain yang dilengkapi dengan kumpulan konten yang tersedia serta memiliki dukungan bagi klien untuk mengunggah dan menggunakan konten mereka sendiri kapan saja.

Mezzmo dikenal dengan fleksibilitas pilihannya, seperti dukungan bahasa yang berbeda untuk audio dan disesuaikan untuk home theater, serta dukungan browsernya.

Jadi, jika Anda tidak ingin membuat program apa pun dan ingin menggunakan semua perangkat lunak server media, maka Mezzmo adalah yang terbaik untuk Anda.

Kata Penutup

Secara keseluruhan, ada banyak pilihan dalam hal pilihan perangkat lunak server media terbaik. Opsi ini hadir dengan fiturnya sendiri yang menjadikannya unik dibandingkan satu sama lain dan melayani audiens tertentu lebih dari yang lain.

Beberapa dari pengguna lebih fokus pada aspek yang membuat mereka lebih berorientasi pada basis pengguna niche.

Anda dapat menggunakan lima perangkat lunak yang disebutkan di atas untuk mengetahui perangkat lunak server media apa yang paling cocok untuk Anda.

Sekian informasi ini semoga bermanfaat untuk anda.

Iwan
Jika kamu pecinta kopi, kamu tahu kapan waktu yang pas untuk menikmati secangkir kopi hangat.